Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 08 Desember 2012

bibit

Jumat, 05 Oktober 2012
Budidaya Pembesaran Ikan Gurame

Budidaya ikan Gurame
Ikan gurame merupakann ikan konsuntif yang lumayan mahal., karena jangka waktu pemeliharaannya yang lumayan lama sehingga membuat ikan gurame ini langka di pasaran dan banyak dicari oleh konsumen. Ini adalah peluang bagi kita untuk melakukan usaha membudidiyakan  ikan gurame, dalam konteks sebagai pencaharian utama ataupun sebagai usaha sampingan.
Adapun hal -hal yang harus di perhatikan dan dilakukan sebelum kita melakukan usaha budidaya ikan gurame adalah sebagai berikut :
1.      Persiapan Lahan
2.      Benih
3.      Pakan
4.      Panen
Dari persiapan diatas saya akan mengulas satu persatu.
1.      Persiapan Lahan
Habitat ikan gurame di alam adalah rawa, sungai telaga dan kolam. Dalam kegiatan budidaya ikan gurame lahan juga sangat berperan dalam pertumbuhan ikan gurame, karena kolam yang baik adalah dengan menggunakan kolam tanah dengan pematang tanah di tembok/ beton supaya tanah tidak longsor. Keunggulan menggunakan kolam tanah adalah tersedianya makanan alami tambahan yang sangat membantu mengurangi pemberian pakan buatan.  Persiapan lahan yang harus di perhatikan agar mendapat hasil maksimum adalah :
a.       Diusahakan dalam pemeliharaan ikan gurame dilakukan di daerah rendah dengan ketinggian kurang lebih 20 – 400 dpl (di atas permukaan laut)
b.      Jumlah dan kualitas air harus mencukupi. Kualitas air yang baik buat ikan gurame adalah air yang tenang, bersih, dasar kolam tidak berlumpur, tidak tercemar dengan bahan kimia beracun dan limbah ( kadar NH3 tidak lebih besar dari 0,02 %) kemasan air (pH) 6,5 – 8. Apabila pH di bawah 6,5 maka untuk menaikkan pH dilakukan pengapuran dengan CaCO3, sedangkan bila pH di atas 8 maka untuk menurunkan di lakukan pemupukan dengan pupuk kandang.
c.       Temperatur suhu air optimum 25- 30 ° C
d.      Kandungan oksigen dalam air lebih dari 2 ppm
  
2.      Benih

Benih ikan gurame bermacam – macam ukuran tapi disini saya akan mengulas benih dengan ukuran korek api. Untuk menghasilkan ikan gurame dengan ukuran 3- 4 ekor / kg dari ukuran korek api membutuhkan jangka waktu kurang lebih 6 bulan. Dengan jangka waktu tersebut ikan harus rutin dalam pemberian pakan. Gambar di samping adalah contoh umum benih ikan gurame dengan ukuran dan nama istilahnya



3.      Pakan
Pemberian pakan yang terprogram membuat pertumbuhan ikan menjadi cepat, serta kandungan pakan yang berprotein tinggi (biasanya menggunakan pelet apung ataupun tenggelam). Makanan tambahan dapat pula di berikan dedaunan atau sayuran seperti daun talas, pepaya, ubi, kangkung, sawi, kol/ gubis dll. Pemberian pakan yang tidak teratur akan menghambat pertumbuhan apalagi dengan karakteristik ikan gurame yang lambat merespon makanan.







4.      Panen
Setelah ikan gurame dianggap cukup memenuhi target 3-4 ekor/ kg  pemanenan bisa segera dilakukan. Di dalam pemanenan waktu perlu juga di perhatikan, ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan kondisi ikan sendiri. Panen di usahakan di lakukan pada saat pagi hari ataupun sore hari untuk menghindari suhu yang panas di siang hari. Cara packing juga di perhatikan, dengan ukuran 3-4 ekor/ kg tempat packing harus di sesuaikan. Packing dengan menggunakan plastic kepadatan 10- 15 ekor/ 10 liter air dengan di beri oksigen adapun alternatif lain dengan menggunakan drum plastik atau jurigen dengan kapasitas 1 ekor/ 1 liter air dengan diberi ruang kosong 15 cm yg tidak di isi air, tujuan dari ruang kosong ini untuk mempermudah ikan dalam mengambil nafas. Untuk mengurangi stress pada saat pengangkutan ikan gurame bisa di berikan obat kimia seperti phenoxyethanol dengan dosis 0,15 mg/ l air.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang merencanakan untuk berbudidaya ikan gurame.
Terima kasih atas kunjungannya, saran dan kritikan kami butuhkan,
Sumber:


]






1 komentar:

  1. Pagi pak, sy salah satu peternak gurame dg masa manen ukuran nyilet daging.. Kl sy jual ketempat bpk, bisa ga dg hrga beli dr bapk kira" berapa /ekor?? Dan aatu lagi, sy ingin membeli telur gurame ukuran 2-3 cm. Bpk ada ga stok saat ini?? Order 20.000 ekor. Mohon hub sy di 0812.9064.6618

    BalasHapus